Jumat, 02 Oktober 2009

SILATURRAHMI AKBAR ALUMNI SUMATERA THAWALIB PARABEK

Oleh. Ujang, S.ThI

Pada hari sabtu tanggal 26 September 2009, di Pesantren Sumatera Thawalib Parabek diadakan acara Silalaturrahmi Akbar Alumni. Acara ini dibuka oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat H. Gamawan Fauzi. Hadir dalam acara tersebut hadir sekitar seribu alumni dari berbagai daerah.


Acara ini terlihat sangat meriah. Sebab, para alumni yang sudah meninggalkan Madrasah ini selama beberapa tahun, bahkan ada yang sudah sampai puluhan tahun. Lantas, mereka bertemu kembali dengan teman-teman yang sama sekolah dulu. Tentu saja momen tersebut sangat memberikan kesan berarti.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Agam Ardinal Hasan mengajak para alumni untuk sama-sama memberikan perhatian serius kembali terhadap pesantren Sumatera Thawalib Parabek. Sebab, pesantren ini merupakan asset umat yang sangat besar potensinya untuk dikembangkan.


Lain halnya dengan Gubernur Sumatera Barat, H. Gamawan Fauzi. Dalam sambutannya beliau juga mengajak agar lembaga seperti pesantren ini tidak lagi sekedar mambangkik batang tarandam, tapi benar-benar harus bangkit. Apalagi Sumatera Thawalib Parabek yang sudah menamatkan banyak alumni yang sudah berkiprah di tingkat nasional maupun internasional seperti Bapak Adam Malik (Mantan Wakil Presiden RI). Propinsi Sumatera Barat sendiri juga telah melakukan beberapa langkah untuk memajukan nilai-nilai agama dalam masyarakatnya. Salah satunya dengan didirikan asrama mahasiswa Sumatera Barat di Universitas Al-Azhar Cairo Mesir, serta pemberian beasiswa bagi mahasiswa asal Sumatera Barat untuk kuliah di Al-Azhar. Demikian lanjut H. Gamawan Fauzi saat membuka acara tersebut.


Dalam acara tersebut, Gubernur Sumatera Barat H. Gamawan Fauzi memberikan bantuan senilai 15 juta rupiah ditambah zakat beliau sebanyak 5 juta rupiah. Beliau meminta agar dana tersebuit diperuntukkan bagi peningkatan kesejahteraan Majelis guru dan pengelola pesantren. Sedangkan Wakil Bupati Agam Ardinal Hasan juga menjanjikan akan adanya bantuan sapi sebanyak 10 ekor untuk peningkatan ekonomi sekolah.

Bertindak sebagai ketua Panitia dalam acara tersebut Drs. Asra Faber (selaku alumni dan Kakandepag Padang Panjang). Acara ini sengaja dirintis para alumni untuk menghimpun kekuatan alumni dalam pengembangan madrasah ke depan terutama sekali menyangkut ekonomi Madrasah, sehingga diharapkan nanti bisa mandiri dalam pendanaan (target jangka panjang). Selain itu, acara ini juga ditujukan sebagai persiapan peringatan satu abad Pesantren Sumatera Thawalib Parabek yang akan diangkatkan pada tahun 2010 nanti. Yang menurut rencana, juga akan menghadirkan Bapak Presiden nanti Insya Allah. Semoga acara silaturrahmi ini benar-benar bisa mempererat ukhuwah islamiyyah sesama kita demi kejayaan Islam dan kaum muslimin ke depan. Amin…..!

0 komentar:

Posting Komentar