Rabu, 18 Maret 2009

PARABEK DIKUNJUNGI DATO’ H. ZAINAL ABIDIN BIN H. SAKOM



Oleh. Ujang, S.Th.I


Hari Minggu tanggal 15 Maret kemaren, Pesantren Sumatera Thawalib Parabek mengadakan pesta Aqiqah puteri dari Dato’ H. Zainal Abidin bin H. Sakom dari Malaysia. Kesibukan sudah mulai terlihat sejak hari Jum’at sebelumnya. Dimulai dari pemasangan tenda yang akan menambung sekitar 800 hadirin yang terdiri dari para santri, ustadz dan ustadzah serta para undangan lainnya.


Hari Sabtu seluruh santri menyaksikan pemotongan Sapi Aqiqah di lapangan Bola Kaki Madrasah Sumatera Thawalib Parabek. Pemotongan ini sekaligus dijadikan sebagai praktek belajar bagi santri tentang bagaimana cara memotong hewan aqiqah.


Sedangkan pelaksanaan aqiqah diadakan pada hari Minggu. Acara ini dihadiri lebih kurang 800 peserta terdiri dari ustadz dan ustadzah, santriwan dan santriwati serta para undangan yang terdiri dari warga parabek, pemuka-pemuka masyarakat kec. Banuhampu dan juga bapak kakandepag Agam. Meskipun pagi harinya duguyur hujan gerimis, namun tidak mengurangi maraknya acara tersebut.


Dalam acara tersebut, Dato’ H. Zainal Abidin bin H. Sakom memberikan sumbangan sebesar 100.000 ringgit (sekitar Rp. 320.000.000,-). Ia juga menjanjikan bahwa dalam waktu dekat juga akan mengirimkan tambahan sumbangan demi menyiapkan gedung Asrama putera berlantai empat, yang sekarang baru siap lantai satunya.


Setelah shalat Zhuhur, acara dilanjutkan dengan mengadakan kuliah umum oleh dato’ H. Zainal Abidin yang dilaksanakan di Mesjid Jami’ Parabek. Dalam ceramahnya Dato’ zainal Abidin menyampaikan betapa berbahayanya kemiskinan bagi umat Islam. Diperkirakan bahwa sejak bulan Juli nanti puncak krisis global akan melanda dunia. Maka, dampaknya bagi umat islam yang miskin dan tidak berilmu akan mudah berpindah agama kepada agama lain yang mampu memberikan bantuan kepada mereka.


Maka, pendidikan agama yang diberikan di Sumatera Thawalib Parabek sangat penting untuk menjaga aqidah umat ini. Semoga bantuan yang diberikan Dato’ H. Zainal Abidin diridhai oleh Allah SWT. Semoga Allah juga selalu melapangkan beliau dalam mencari rizki dan selalu mendapat petunjuk ke jalan yang benar.








3 komentar:

Alhamdulillah, mudah2an Pesantren wak ko ustaz, selalu menjadi jembatan rasa antar dua negara yang serumpun. amin.

semangat terus Ustaz Ujang.... (from: Ori)

Alhamdulillah, semoga amal shaleh hamba ALLAH tersebut diterima ALLAH SWT.
Dr Irwan
Fakultas Ekonomi
Universitas Djuanda BOGOR

Posting Komentar