Minggu, 25 Januari 2009

IJTIMA’ MUI DI PADANG PANJANG

Oleh. Ujang, S.ThI


Pada hari Sabtu tanggal 24 Januari 2009, Wakil Presiden Yusuf Kalla secara resmi membuka ijtima’ Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Pondok Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang. Acara ini direncanakan akan diadakan juga di Pesantren terpadu Serambi Mekkah dan Pesantren Perguruan Thawalib Padang Panjang.


Berdasarkan berita sabili KH. Ma`ruf Amin (Ketua MUI Pusat) mengatakan : ijtima ulama yang ketiga ini akan dihadiri 700 orang pimpinan MUI pusat, MUI daerah, pimpinan pondok pesantren, perorangan, ulama, cendekiawan dan habaib. "Dalam acara itu ada tiga agenda besar yang dibahas para ulama," ujar kiai yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI.


Agenda pertama, Masail Asasiyyah Watahaniyyah (masalah strategis kebangsaan). Kelompok ini akan membahas soal prinsip Islam tentang hubungan antar agama, peran agama dalam pembinaan moral bangsa dan soal golput dalam pemilu serta pilkada.


Kedua, Masail Fiqhiyyah Muashirah (masalah fikih kontemporer), yaitu membahas masalah hukum merokok, pernikahan usia dini, bank mata dan organ tubuh lainnya, zakat, makanan halal, wakaf serta senam pernafasan yoga.


Ketiga, Masail Qanuniyyah (masalah hukum dan perundang-undangan), yaitu membahas tentang RUU Jaminan Produk Halal, tindak lanjut UU Pornografi, PP No 5/2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, UU Kepariwisataan dan UU Perbankan Syariah.


Ternyata kesibukan tidak hanya terjadi di Padang Panjang saja, bahkan Madrasah Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi juga sejak hari Jum’at kemaren banyak menerima tamu dari pengurus MUI di berbagai daerah seperti dari Kuala Tungkal (Jambi) dan rombongan MUI Sumatera Utara. Bahkan pada hari Senin tgl 26 Januari 2009 besok dijadwalkan seluruh peserta Ijtima’ MUI tersebut akan mengadakan kunjungan wisata termasuk ke Pesantren Madrasah Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.


Kita berharap semoga ijtima’ MUI sekarang akan menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan umat berdasarkan tuntutan zaman modern. Dan semoga acara seperti ini akan semakin memperkokoh ukhuwah seluruh umat Islam yang berada di bawah berbagai elemen ORMAS ini. Amin…………..!

7 komentar:

rokok haram kok setengah setengah

aku perokok neh

keharaman rokok ini harus diperjelas, haram karena zatnya taw karena mafsadadnya, biar tak gampang di gugat

wa'alaikum salam

alhamdulillah di sini aman ust. di parabek bagaimana. kabar-kabarnya ada siswa kelas VI yang daftar ke sini y ust? siapa?

wa'alaikum salam. alhamdulillah bikhair. Kami sekeluarga mengundang agar hadir dalam walimah farhan sy dengan lili indriani tgl 14 maret 2009 di aula thawalib putra pdg pnjang. Datang yo bang, maaf tak melalui undangan.

Di mana daptkan referensi buku keputusan ini Akh?

Assalaamu`alaikum. Saya dan 2 lagi rakan dari Malaysia insha ALLAH, akan berkunjung ke Padang dan Bukit Tinggi dari 12.9.2013 - 14.9.2013. Tujuan ke Padang ialah untuk melawat sekolah agama, pesantren dan masjid-masjid lama. Saya sekarang dosen di salah satu universitas di Kuala Lumpur dan lulusan Universitas Islam Madinah , Arab Saudi tahun 1985. Alhamdulillah. saya telah bertemu dengan blog anda . Soalnya sekarang ialah bagaimanakah cara nak melawat ke Sumatra Thawalib dan perguruan diniyyah puteri Padang Panjang. Kami akan sampai di bandara Padang pada 12.9.2013. Kami nak naik bis dari bandara ke Padang Panjang. Adakah bis nya. Kalau ada bis nya berhenti di mana? shukran wajazakallahu khairan. wassalamuaalaikum warahmatullah.

Posting Komentar