Selasa, 21 Oktober 2008

Sekilas tentang IPST Parabek

Pesantren Sumatera Thawalib Parabek didirikan oleh Syekh Ibrahim Musa pada bulan September 1910. Semenjak kembalinya dari Mekkah yang pertama tahun 1910 M, beliau mendirikan pengajian secara berhalaqah di Parabek (kira-kira 5 km dari kota Bukittinggi). Kemudian anak-anak muda dari daerah-daerah Minangkabau (Sumatera Barat) berdatangan ke Parabek ingin menuntut ilmu kepadanya.
Pada tahun 1914 beliau kembali pergi ke Mekkah untuk menambah ilmunya dan pulang ke Bukittinggi tahun 1916. Sewaktu berada di Mekkah selama 2 tahun itu ia mempercayakan pengajian di Parabek kepada murid-muridnya.
Pada tahun 1918 ia menyatukan murid-muridnya itu dalam suatu organisasi yang diberi nama MUZAKARATUL IKHWAN dan kemudian berubah nama menjadi JAMI’ATUL IKHWAN. Nama inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya organisasi santri IKATAN PELAJAR SUMATERA THAWALIB PARABEK (IPST).
IPST adalah singkatan dari Ikatan Pelajar Sumatera Thawalib, yaitu sebuah organisasi santri yang terdapat di Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi (di sekolah-sekolah lain organisasi ini disebut OSIS).
Saat ini IPST di Pesantren Sumatera Thawalib Parabek terdiri dari satu kepengurusan, yang di dalamnya sudah tergabung kepungurusan dari tingkat Tsanawiyah dan ‘Aliyah. Demikian juga terdapat perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya yang terdiri dari IPST Putra dan IPST Putri. Perubahan ini dilakukan mengingat di Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, sistem belajarnya digabung antara santriwan dan santriwati, sehingga lebih baik kepengurusannya disatukan. Hal ini diputuskan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) pada bulan Agustus 2007 yang lalu. Keanggotaan MPK terdiri dari perwakilan tiap-tiap kelas.

STRUKTUR KEPENGURUSAN IPST 2007-2008

Penanggung jawab: 1. Drs Zulfahmi (Kepala Madrasah Aliyah)
2. Nurdin S.Ag (Kepala Madrasah Tsanawiyah)
Pembina 1. Zakiar Asman (Waka Kesiswaan Aliyah)
2. Erinal, A.Md (Waka Kesiswaan Tsanawiyah)
3. Ujang S.Th.I (Koordinator IPST)

Taufik Indra : Ketua Umum
Widia Astuti :Ketua I
Syukrina : Ketua II
Faisal : Ketua III
Nurfirman :Ketua IV
Faizah : Sekretaris Umum
Sefni : Sekretaris I
Fithria Diniyati : Sekretaris II
Fakhri : Sekretaris III
Hanggara Fino Maigy : Sekretaris IV
Yusra Wati : Bendahara Umum
Putri Ainil Huda : Wakil Bendahara
dll sebagai anggota.
PROGRAM KERJA IPST
Bidang Keilmuan

Penerbitan majalah Al- Bayan, Majalah Dinding, Penerbitan Bulletin, Pelatihan Jurnalistik, uhadharah – Muzakarah, Perlombaan-perlombaan HUT IPST, Perlombaan Pidato dan Khutbah,
Belajar computer dan internet
Bidang Seni dan Budaya
Membuat klub-klub seni (drama, nasyid dan Puisi), Pelatihan Tari, Lomba tulis cerpen,
pelatihan kalighrafi, Pentas Seni,
Bidang Olah raga
Mengadakan klub-klub olah raga, (sepak bola, pencak silat, basketball, badminton, Tenis Meja, Volly ball, Takraw dll), keterampilan santri, Pertandingan persahabatan, Class meeting.
Bidang Humas
Mengadakan acara PHBI, Pengumpulan dana musibah dan bencana alam, Dakwah keliling,
Pengawasan Ibadah santri, Muhasabah, Khidmatul Ummah, Acara Perpisahan santri tingkat terakhir

3 komentar:

Jaman ambo sakola di Parabek, organisasi siswa banamo IPKST (Ikatan Pelajar Kuliyatuddiyanah Sumatera Thawalib). Ambo tamat diparabek tahun 1987

sedikit masukan agar mengadakan muzakarah masalah2 kontemporer ndan mengadakan seminar2
irsyad,,tamatan 2008

mohkn di bina adik2 kami ustaz... yg di IPST...

Posting Komentar